Valencia, KompasOtomotif – Pengujian perdana untuk tunggangan musim MotoGP 2017 rampung dilakuan, 15-16 November 2016 di Valencia. Di tengah perbincangan mengenai siapa yang tercepat, terselip satu pertanyaan kecil atas tim Ducati.

Mereka masih mempergunakan winglet atau sayap tambahan pada fairing sepeda motor. Sementara jika melihat Honda dan Yamaha, keduanya tidak menyematkan tambahan komponen aerodinamika tersebut. Pasalnya tahun depan, winglet sudah dilarang untuk digunakan.

Cal Crutchlow pebalap tim LCR Honda, komentari apa yang dilakukan Ducati, mengutip Crash, Sabtu (19/11/2016) . Dirinya mengatakan, mungkin ada motif lain dari yang dilakukan Ducati, pasalnya tahun depan sudah tidak lagi boleh gunakan winglet.

“Mungkin saja mereka mempertahankan winglet untuk beberapa alasan. Mereka juga ingin menggunakannya tahun depan. Atau bisa juga ingin membangun fairing, dengan desain yang dianggap bisa membuat tunggangan seperti menggunakan winglet. Namun bagaimanapun, saya tahu cara mereka bekerja, dan mereka tetap teman baik, dan mereka sangat pintar,” ujar Crutchlow.

Baca juga : Resmi, Tim MotoGP Dilarang Pakai “Winglet”

Ducati sendiri belum mengeluarkan pernyataan, mengenai penggunaan winglet saat pengujian di Valencia.

Pendapat Yamaha

Selama uji coba di Valencia, Herve Poncharal, bos Monster Yamaha Tech 3, mengatakan, kalau timnya dan teknisi lain mengakui perubahan yang signifikan, saat winglet tidak digunakan. Di mana winglet bisa membantu bagian depan sepeda motor.

“Para insinyur dari masing-masing pabrik telah memeriksa sepeda motor mereka, dan jelas sayap sangat membantu bagian depan. Ini bukan hanya dilihat pada data tetapi juga komentar dari para pebalap,” ujar Poncharal.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/20/110100915/ducati.tetap.pakai.sayap.di.sesi.tes

Ducati Tetap Pakai Sayap Di Sesi Tes
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *